Tuesday, April 10, 2012

Sejarah video games generasi ke 3

        Setelah sukses dengan generasi ke 2, generasi ke 3 dimulai pada sekitar tahun 1983 oleh jepang yang dimana peluncuran famicom dilakukan. Mungkin Famicom lebih dikenal sebagai Nintendo Entertainment Sistem. Generasi ini juga adalah generasi yang pertama setelah video games meledak pada tahun 1983 dan dipertimbangkan sebagai era modern hiburan game pertama. Wah cukup seru juga hidup dimasa-masa berkembangannya video game,mungkin sebagai anak-anak kita sangat senang sekali apabila kita dapat memiliki konsol tersebut dirumah dan dapat bermain sepuasnya. Oke, saya lanjutkan lagi ceritanya, jadi di beberapa negara hiburan video games, seperti jepang, angaka penjualannya sangat tinggi dan masyarakat sangat bisa menerima datangnya video games ini.

      The famicom (Family Computer) menjadi sangat populer pada saat itu. Pada masa-masa itu, Famicom American Counterpart, Nintendo Entertainment System telah mendominasi pasaran games di Amerika utara, Tapikah apa anda tau apa yang terjadi setelahnya? ya, jawabnya adalah, Sega Master System tidak tinggal diam. Sega Master system membuat sebuah terobosan besar di Brazil dan Eropa dan pada saat itu juga Nintendo Entertainment System tidak pernah bisa mencegah perkembangan Sega Master System di masyarakat luas.

     Mungkin sebelum kita lanjutkan ceritanya lebih panjang lagi, berikut akan saya beri contoh beberapa konsol game yang muncul di generasi ketiga :



              Nintendo Entertainment System





Nintendo Entertainment System | sumber : http://www.nintendo.com



Sega Master System



Sega Master System | Sumber : http://www.soovicio.com


Atari 7800
Atari 7800 | Sumber : http://jscustom.theoldcomputer.com/

       Generasi ketiga ini telah melirik permainin Role-Playing Video Games atau yang sering kita dengar sebaga RPG's. Editing dan cencorship dari video games telah sering / banyak digunakan untuk menyetempatkan game-game jepang di Amerika Utara. Pada era ini, banyak video-video games terkenal yang memonopoli setiap waktu seperti yang kita temukan. Beberapa contohnya seperti Super Mario Bros, Final Fantasy , The Legend of Zelda, Dragon Quest dll.

       Generasi ini juga sering salah diketehaui oleh masyarakat sebagai generasi pertama seperti apa yang kita lihat pada awal industri video games yang kita ketahui sekarang. Semoga info di sejarah video games generasi ketiga ini dapat menambah informasi kalian semua. :D





No comments:

Post a Comment